4 Efek Samping Jahe Yang Tidak Kita Sadari!

Sebagai salah satu tumbuhan herbal yang banyak di temui disekitaran kita ini, jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai bumbu masak, jahe banyak digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit seperti demam dan masuk angin. Cara penyajiannya pun cukup mudah yaitu dengan dimasukkan kedalam bumbu masakan atau juga dibuat sebagai minuman. Sayangnya konsumsi jahe secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh, berikut ini beberapa efek samping dari jahe yang perlu diperhatikan :

  1. Penyebab Perut Kembung

Konsumsi jahe secara tepat dan sesuai dengan takaran akan membantu memberikan kehangatan pada tubuh dan menghilangkan penyakit masuk angin. Sayangnya bila di konsumsi secara berlebihan, Jahe dapat memicu terjadinya perut kembung. Bagian dalam perut akan terasa penuh oleh gas dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu, konsumsi-lah jahe secukupnya saja.

  1. Menyebabkan Iritasi Mulut

Jahe mengandung senyawa yang dapat membuat mulut terasa pedas dan panas. Apabila di konsumsi secara berlebihan, jahe akan menyebabkan rasa pedas dan panas di dalam mulut dan membuat tidak nyaman. Akibatnya bisa menimbulkan iritasi pada mulut.

  1. Mengganggu Sistem Pencernaan

Pada saat mengkonsumsi jahe sesuai takaran akan dapat membantu untuk menghilangkan masuk angin. Akan tetapi saat konsumsinya sudah melebihi batas, jahe bisa mengakibatkan gangguan sistem pencernaan. Perut akan terasa tidak nyaman seperti mulas-mulas dan sering bersendawa.

  1. Mengganggu Proses Menstruasi

Bagi perempuan saat-saat menstruasi terkadang menimbulkan berbagai efek samping salah satunya adalah nyeri. Ketika banyak mengkonsumsi jahe dengan jumlah yang berlebih, senyawa jahe memicu rasa tidak nyaman saat menstruasi seperti nyeri yang berlebihan. Oleh karena, bagi para perempuan agar lebih berhati-hati sebelum mengkonsumsi jahe dan sesuaikan dengan kebutuhan saja.

  1. Menyebabkan Penyakit Kandung Kemih

Jahe apabila di campurkan dengan bahan-bahan lain akan dapat menyebabkan timbulnya penyakit kandung kemih. Oleh karena itu sebaiknya carilah informasi tentang kombinasi jahe yang tepat terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa penyakit atau efek samping konsumsi jahe secara berlebihan. Konsumsi jahe baik bagi kesehatan, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh saja. Semoga Bermanfaat! Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!