4 Efek Samping Green Coffee yang Belum Diketahui Banyak Orang

Green coffee sepertinya masih belum begitu populer dikalangan masyarakat umum. Akan tetapi kehadirannya akhir-akhir mulai banyak dicari oleh orang. Kopi hijau yang diperoleh dari biji-biji kopi asli tanpa proses pemanggangan ini memiliki warna hijau asli dan tinggi kandungan klorogenat. Klorogenat pada kopi biasa tidak terlalu banyak jumlahnya, namun pada kopi hijau klorogenat masih tersimpan utuh di balik setiap bulir-bulirnya. Klorogenat inilah yang kemudian menjadi idola bagi para pelaku diet. Khasiatnya dalam menurunkan berat badan terbukti ampuh tanpa harus berolahraga keras.

Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari efek samping kopi hijau ini :

  1. Diabetes

Pada green coffe kandungan kafeinnya masih begitu tinggi, karena tidak melalui proses pemanggangan dulu. Tingkat kafein yang berbeda tersebut dapat mengakibatkan perubahan cara memproses gula darah dalam tubuh. Kafein yang berlebih dapat mengakibatkan kenaikan gula darah dan menyebabkan diabetes. Oleh sebab itu konsumsi green coffee haruslah sesuai dengan kebutuhan saja, tidak berlebihan.

  1. Hipertensi

Seperti pada kebanyakan kopi lainnya, apabila dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kopi hijau dengan tanpa melalui pemrosesan yang panjang sebelum dikonsumsi mengandung kafein yang besar, sehingga saat dikonsumsi secara berlebihan akan dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi lebih cepat.

  1. Kolesterol Tinggi

Meski belum terbukti pasti bahwa green cofee menjadi penyebab kolesterol tinggi, namun hal ini tetap perlu menjadi perhatian kita agar terhindar dari kolesterol berlebih. Kopi hijau ini tidak melalui pemrosesan panjang sehingga kandungan senyawa di dalamnya masih terjaga dengan baik. Apabila di konsumsi berlebihan dapat berakibat ke berbagai penyakit seperti juga kolesterol.

  1. Osteoporosis

Kandungan kafein pada green coffee yang begitu banyak dapat meningkatkan kalsium yang memerah pada urin. Apabila dikonsumsi berlebihan akan membuat tulang menjadi lebih cepat keropos. Oleh karena itu konsumsi kafein harus dibatasi.

Demikianlah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari konsusmi green coffee secara berlebihan. Untuk mencegah semua hal tersebut, konsumsilah green coffee sesuai kebutuhan masing-masing. Semoga bermnafaat! Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan Keluarga!