4 Efek Samping Daun Sirsak Jika Dikonsumsi Tiap Hari!

Daun sirsak adalah salah satu obat herbal yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti asam urat, hipertensi dan bahkan membunuh sel-sel kanker. Khasiat dari daun sirsak ini telah banyak diketahui oleh masyarakat secara luas.

Sebagian orang bahkan lebih memilih untuk mengkonsumsi daun sirsak dari pada harus menelan obat-obatan dengan kandungan bahan-bahan kimiawi. Akan tetapi selain mendatangkan manfaat, daun sirsak juga bisa memberikan efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Diantaranya adalah seperti berikut ini:

Sembelit

Beberapa orang yang sedang menjalani terapi pengobatan dengan daun sirsak, kerap mengeluhkan terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam daun sirsak yang banyak mempengaruhi kerja lendir di dalam usus menjadi terganggu. Sehingga fungsi usus dalam melakukan pencernaan bahan makanan di dalam tubuh menjadi terganggu. Maka saat sedang menjalani terapi daun sirsak ada baiknya di imbangi dengan buah, sayuran, atau makanan yang berserat. Agar dapat terhindar dari sembelit.

Gangguan Ginjal

Selain menyembuhkan, ternyata daun sirsak juga berbahaya bagi ginjal jika tidak di konsumsi dengan benar. Air rebusan dari daun sirsak yang sering kali digunakan untuk terapi mengandung berbagai senyawa. Ketika mengkonsumsi air rebusan tersebut, maka ginjal akan bekerja keras untuk mencerna setiap senyawa asing dalam tubuh. Apabila dikonsusmsi berlebihan, air rebusan daun sirsak ini dapat merusak fungsi kerja ginjal.

Penyebab Kekurangan Cairan atau Dehidrasi

Konsumsi air rebusan daun sirsak selain dapat mengeluarkan racun-racun dari tubuh, ternyata juga mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan. Sehingga membuat para pengkonsumsi daun sirsak mudah terkena dehidrasi. Oleh karenanya saat mengkonsumsi daun sirsak ada baiknya untuk disertai dengan konsumsi air putih yang cukup.

Simak Juga  Review, Adakah Efek Samping Majakani Razie Untuk Wanita? Wajib Anda Ketahui!!

Memperburuk Komplikasi

Akibat banyaknya senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak, membuat kinerja enzim dan hormon dalam tubuh terganggu. Sehingga membuat metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak stabil dan semakin memperburuk komplikasi penyakit.

Mengkonsumsi daun sirsak merupakan alternatif pengobatan herbal yang sangatlah baik untuk dilakukan. Namun sebaiknya konsumsi daun sirsak dapat dilakukan sesuai aturan dan tidak berlebihan. Dan apabila sakit berkelanjutan, segera hubungi dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Salam sehat untuk Anda dan Keluarga!