4 Efek Samping Alpukat Jika Dikonsumsi Secara Rutin!

Kelezatan buah alpukat sudah di kenal sejak dahulu kala. Banyak orang menyukai buah dengan warna hijau dan tekstur daging yang lembut ini karena manfaatnya. Kandungan vitamin dan berbagai senyawa lainnya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk perawatan kecantikan. Walau demikian, kita juga perlu mewaspadai efek samping dari zat-zat yang terkandung di dalam alpukat. Karena memakan buah alpukat secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh serta dapat menimbulkan efek samping seperti berikut ini :

Menurunkan Kadar Kolesterol Baik

Di dalam tubuh kita terdapat kolesterol jahat dan juga kolesterol baik. Kandungan buah alpukat banyak di manfaatkan sebagai penurun kolesterol jahat, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sayangnya konsumsi alpukat terlalu banyak juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan beta-etasitosterol dalam alpukat dapat mengikat senyawa kolesterol baik di dalam tubuh.

Menyebabkan Kerusakan Liver

Setelah dilakukan penelitian terhadap minyak alpukat dengan jenis tertentu, ternyata di dalamnya di temukan kandungan anethole dan estragole. Kedua unsur tersebut terdapat di dalam alpukat Meksiko. Bagi penderita gangguan hati atau liver, sebaiknya menghindari konsumsi alpukat jenis ini. hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan liver akibat konsumsi alpukat berlebihan.

Mengakibatkan Alergi pada Mulut

Konsumsi buah alpukat secara berlebihan juga sangat tidak baik untuk kesehatan rongga mulut. Alpukat dapat mengakibatkan alergi mulut yang di tandai dengan munculnya rasa gatal di bagian mulut serta pembengkakan di bagian lidah.

Alergi Kulit

Selain alergi yang di timbulkan di bagian rongga mulut, konsusmi alpukat secara berlebih juga dapat menyebabkan alergi pada bagian kulit. Gejala yang sering di timbulkan akibat terlalu banyak konsumsi alpukat berlebihan adalah gatal-gatal pada bagian kulit. Bahkan beberapa mengalami kemerahan di bagian kulit. Oleh karenanya, konsumsi alpukat seharusnya dalam jumlah yang wajar saja dan tidak berlebihan.

Simak Juga  4 Efek Samping Daun Sirsak Jika Dikonsumsi Tiap Hari!

Meskipun alpukat dapat menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan tubuh, namun kandungan di dalam buah alpukat juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Asalkan konsumsi alpukat masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Semoga Bermanfaat!

Salam Sehat untuk Anda dan Keluarga!

4 thoughts on “4 Efek Samping Alpukat Jika Dikonsumsi Secara Rutin!

  1. Rahasia Awet Muda says:

    Bisa dijadikan masker untuk wajah

Comments are closed.