3 Khasiat Daun Sirsak Terbaru yang Belum Diketahui Banyak Orang

Khasiat sirsak saat ini sedang “naik daun” alias lagi ngetren di kalangan masyarakat. Dulu, tanaman sirsak hanya dimanfaatkan buahnya, yang memang enak dan segar. Baik itu, di makan saat buah sirsak matang maupun dibuat aneka macam minuman yang bervariasi.

Kini dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi, telah banyak diemukan berbagai manfaat tanaman sirsak. Tanaman sirsak tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, namun bagian lainnya, juga ditemukan berbagai manfaat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Dari berbagai hasil penelitian, daun sirsak  salahsatunya ditemukan khasiat untu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebelum membahas tentang khasiat terbaru dari daun sirsak, baiknya kita pahami dulu tentang jenis tumbuhan sirsak itu sendiri.

Tanaman Sirsak

Sirsak atau dalam bahasa latin Annona muricata, Linn, termasuk famili Annonacea dan spesies muricata, yaitu famili tumbuhan yang memiliki buah dan bunga yang manis. Daun sirsak berbentuk bulat telor agak tebal, dengan permukaan bagian atas halus berwarna hijau tua, sedangkan bagian bawah daun berwarna lebih muda. Kulit buah sirsak berduri dan agak tebal, sementara itu buahnya berwarna putih dengan tekstir lembut seperti puding dan memiliki rasa asam.

Khasiat Tanaman Sirsak

Hampir semua bagian dari tanaman sirsak saat ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam penyembuhan penyakit, mulai dari akar, biji, kulit, bunga, buah dan daun. Baik kita bahas satu persatu tentang khasiat dari tanaman sirsak secara keseluruhan.

Akar Sirsak

Akar sirsak mengandung annocatacin, annomonicin, annomontacin, annonacin, annomuricatin, cohibin, muracin, muricetanol dan muricatin. Kandungan senyawa tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus, pil penenang dang gangguan kejang.

Biji Sirsak

Biji sirsak mengandung anomuricin, annonacin, anomurine, atherospermine, caclourine, cohibin, panetellin, xylomaticin, reticuline, sabadelin dan solamin. Kandungan senyawa tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati astrigent, penyebab muntah, parasit kulit dan obat cacing kremi.

Kulit Batang Sirsak

Kulit batang sirsak mengandung tanin, fitosterol, Ca-oksalat, murisine dan alkaloid. Kandungan senyawa pada kulit sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengobati asma, batuk, hipertensi dan pil penenang.

Bunga Sirsak

Bunga sirsak juga sangat bermanfaat untuk membantu meringankan berbagai macam penyakit, seperti meringankan penyakit saluran pernafasan (bronchitis). Dan jika bunga sirsak dikombinasikan dengan daun dan akar, maka dapat membantu meringankan penyakit sesak nafas (asma).

Buah Sirsak

Buah sirsak mengandung varian asam, yaitu asam sitrat, asam isosirat dan asam malat. Selain itu buah sirsak juga kaya akan kandungan karbohidrat, salahsatu jenis karbohidrat yang dominan pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa).

Buah sirsak juga sangat kaya akan vitamin C, yaitu 20 mg per 100 gr daging buah. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah sirsak dapat mencukupi kebutuhan seseorang akan vitamin C harian. Dimana kebutuhan vitamin C per orang/hari hanya 60 mg, sedangkan per daging buah sirsak mengandung vitamin C 300 gr.

Selain kandungan gizi, buah sirsak juga mengandung senyawa fitokimia yang sangat dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Senyawa fitokimia pada buah sirsak antara lain; asetaldehida, annonain, dekstrosa, anomurine dan lain-lain.

Sementara itu, kandungan serat pada buah sirsak memcapai 3,3 gr per 100 gr per daging buah. Jumlah kandungan serat makanan pada buah sirsak, sudah dapat memenuhi kebutuhan serat harian seseorang hingga 13%.

Sedangkan kandungan fosfor dan kalsium pada buah sirsak juga cukup tinggi, yaitu 27 dan 14 mg per 100 gr. Kedua mineral ini sangat direkomendasikan untuk pembentukan massa tulang. Sebagaimana kita ketahui pembentukan massa tulang dapat menghambat terjadinya tulang keropos (osteoporosis).

Tambahan lagi, buah sirsak juga kaya akan vitamin A, B, natrium, rendah lemak, ca-oksalat dan fitosterol. Dan kandungan kandungan yang luarbiasa inilah yang menjadikan buah sirsak dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun Sirsak

Kandungan yang ada pada daun sirsak antara lain; acetogenins, anonol, muricapentocin, linoleic acid, gentisic acid dan lain-lain. Secara tradisional oleh berbagai tradisi daun sirsak sudah dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti; asma,batu, abses, arthritis, bronkitis, jantung, malaria, liver, diuretik, rematik, kanker dan tumor.

Khasiat daun sirsak sudah sangat dikenal di berbagai belahan dunia. Pada masyarakat Amerika, daun sirsak yang direbus dimanfaatkan untuk tonik. Di Malaysia, daun sirsak juga dikenal sebagai tradisi untuk mengatasi hipertensi. Sedangkan di masyarakat kita, tradisi akan pemanfaatan daun sirsak juga sudah lama dikenal, seperti obat untuk meredakan batuk, meredakan reumatik, mual dan lain sebagainya.

Khasiat Terbaru Tanaman Sirsak

Ada 3 khasiat terbaru pada tanaman sirsak yang saat ini marak dibicarakan di kalangan masyarakat kita, Trending topik ini berasal dari berbagai penemuan dan penelitian akan manfaat dan khasiat dari tanaman ini. Adapun khasiat yang dominan pada tanaman sirsak adalah sebagai obat alternatif untuk pengobatan penyakit kanker, obat herbal untuk hipertensi dan obat herbal terbaru untuk pengobatan alternatif diabetes mellitus. Baiklah, kita jelaskan lebih rinci;

Obat Herbal Kanker Nomor Satu

Hasil penelitian terbaru tentang tanaman sirsak adalah ditemukannya beberapa senyawa cytotoxic pada daun sirsak. Dimana senyawa senyawa tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ganas yang sampai saat ini masih belum ditemukan obat yang paten untuk menyembuhkannya. Penyakit tersebut adalah kanker.

Selain senyawa diatas, daun sirsak juga mengandung senyawa lain seperti saponin, polifenol, dan bioflavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Gabungan dari senyawa senyawa tersebut mampu menghambat perkembangan sel-sel yang abnormal dalam tubuh. Dengan kata lain, kandungan senyawa dalam daun sirsak dapat mematikan sel-sel kanker ganas.

Beberapa penelitian, menyebutkan bahwa senyawa dalam daun sirsak lebih unggul dibanding senyawa lain yang setara. Artinya, kemampuan senyawa pada daun sirsak mampu membunuh kanker secara efektif tanpa menimbulkan efek samping penyembuhan, seperti rasa mual, muntah, turunnya berat badan, kerontokan rambut dan lain sebagainya.

Bahkan kandungan fitokimia dalam daun sirsak mampu mematikan berbagai macam kanker ganas; seperti kanker payudara, kanker kolon, kanker ovarium, kanker prostat, kanker paru dan lain sebagainya.

Hebatnya lagi, senyawa pada daun sirsak lebih aman dibanding pengobatan kanker yang selama ini dijalankan banyak orang, seperti kemoterapi. Senyawa dalam daun sirsak juga lebih handal dibanding adriamcylin dan kemoterapi.

Daun sirsak juga mempunyai keunggulan lebih dibanding herbal tradisional lainnya, yang sama-sama untuk terapi kanker. Seperti herbal kunyit putih. Kamampuan kunyit putih dengan kandungan curcuma zedoaria hanya mampu menghambat mitosis sel kanker dari kelenjar. Sementara kemampuan daun sirsak mampu menghambat dan mematikan hampir semua jenis kanker.

Istimewanya, senyawa acetogenins memiliki kemampuan selektif dalam membunuh sel ganas. Acetogenins hanya mematikan sel abnormal dalam tubuh tanpa merusak sel normal lainnya.

Bukti Penelitian Khasiat Daun Sirsak

Khasiat daun sirsak yang mampu menghambat dan membunuh sel kanker, di dasarkan pada sebuah penelitian Jerry L. McLaughlin pada Farmasi Purdue University, Indiana dan Penelitian dalam Negeri oleh Prof. Soelaksono Sastrodiharjo PhD, ITB.

Pada penelitian Jerry L. McLaughlin yang dirilis jurnal yang terbit di Amerika Serikat tahun 1996-1998, menyebutkan bahwa senyawa acetogenins dan senyawa lain dalam daun sirsak mampu menghambat perkembangan sel kanker. Sayangnya, hasil penelitian Jerry ditutup-tutupi oleh beberapa perusahaan farmasi disana karena dikhawatirkan akan membuat promosi obat kemoterapi tidak laku di pasaran.

Sementara itu, penelitian Soelaksono menggunakan daun sirsak asal Garut. Dari penelitian tersebut, mengatakan bahwa kandungan senyawa acetogenins dalam daun sirsak ampuh untuk mengobati kanker serviks, kanker kolon, kanker pankreas, kanker prostat, kanker paru dan kanker ginjal.

Obat Diabetes Terbaru Yang Ampuh

Kandungan senyawa lemak, protein, kalsium dan vitamin dalam daun sirsak direkomendasikan untuk menstabilkan gula darah pada penderita diabetes mellitus. Sebagaimana kita ketahui, limit kadar gula normal pada seseorang adalah 70-120 mg/dl. Untuk itu, bagi penderita diabetes melllitus dapat menggunakan terapi daun sirsak untuk menormalkan kadar gula tubuh.

Untuk uji klinis khasiat daun sirsak dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diebetes, memang belum seramai dengan penelitian tentang khasiat daun sirsak untuk mengobati kanker. Namun, beberapa uji penelitian telah dilakukan dengan mengambil sampel hewan mengerat, yaitu tikus. Penelitian medis dengan percobaan tikus telah menunjukkan asumsi bahwa daun sirsak mampu memperbaiki sel beta pankreas sebagai produsen insulin. Dengan demikian, khasiat daun sirsak akan memberikan harapan baru bagi penderita diabetes dengan terapi herbal daun sirsak.

Obat Hipertensi Terbaru

Tentang khasiat daun sirsak untuk mengobati hipertensi, sama dengan khasiat daun sirsak untuk mengobati diabetes mellitus. Dimana, belum banyak penelitian yang secara medis membuktikan khasiat daun sirsak untuk penyembuhan hipertensi. Namun, diatas telah disebutkan, beberapa tradisi masyarakat seperti di Serawak, Malaysia, yang menyebutkan bahwa daun sirsak dengan rebusannya dimanfaatkan untuk mengobati hipertensi dan menurunkan kolesterol. Artinya, secara tradisi daun sirsak sudah sejak lama digunakan untuk mengobati hipertensi dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Resep Daun Sirsak

Inilah resep resep daun sirsak untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti kanker (apapun), mengobati diabetes mellitus dan mengobati hipertensi.

Resep Untuk Penyembuhan Kanker

Bahan 10 lembar daun sirsak segar dan tiga gelas air putih.

Cara Meramu

Silahkan Anda rebus daun sirsak tersebut dengan tiga gelas air yang Anda sediakan. Biarkan hingga diperoleh satu gelas saja.

Cara Minum

Sebelum dingin, saringlah air rebusan tersebut dengan kasa yang lembut. Setelah itu biarkan hingga dingin. Lalu Anda minum, tiga kali dalam sehari.

Resep untuk Penyembuhan Diabetes

Bahan 10 lembar daun sirsak segar, dan dua gelas air.

Cara Meramu

Silahkan Anda rebus daun sirsak tersebut dengan dua gelas air yang Anda sediakan. Biarkan hingga diperoleh satu gelas saja.

Cara Minum 

Sebelum dingin, saringlah air rebusan tersebut dengan kasa yang lembut. Setelah itu biarkan hingga dingin. Lalu Anda minum, dua kali dalam sehari.

Resep untuk Penyembuhan Hipertensi/Kolesterol

Bahan 5 lembar daun sirsak segar, dan dua gelas air.

Cara Meramu

Silahkan Anda rebus daun sirsak tersebut dengan dua gelas air yang Anda sediakan. Biarkan hingga diperoleh satu gelas saja.

Cara Minum 

Sebelum dingin, saringlah air rebusan tersebut dengan kasa yang lembut. Setelah itu biarkan hingga dingin. Lalu Anda minum, dua kali dalam sehari.

@Disclaimer: Hasil setiap orang berbeda, tergantung kondisi tubuh dan riwayat penyakit yang dialami.

Demikian 3 Khasiat Daun Sirsak Terbaru yang Belum Diketahui Banyak Orang. Semoga bermanfaat, Salam Sehat untuk Anda dan Keluarga.

Jika Anda tidak mau repot mencari dan meracik daun sirsak, maka Kami telah menyiapkan kapsul daun sirsak untuk Anda.

 

Kapsul Herbal dari Ekstrak Daun Sirsak di produksi oleh Herbal Indo Utama, dengan komposisi Annona Muricata (100%). Isi perbotol 60 Kapsul @500mg. Harga, 85.000 ditambah bea kirim sesuai lokasi konsumen. Dengan jasa pengiriman JNE, JNT dan Pos.

Daun Sirsak Herbal Indo Utama telah terdaftar di BPOM RI dengan nomor register POM TR 133.371 931

Manfaat Kapsul Herbal Ekstrak Daun Sirsak

Adapun manfaat Kapsul Herbal Ekstrak Daun Sirsak, yaitu:

  • Membantu mengatasi kanker dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Dengan kandungan anti oksidan tinggi, bermanfaat untuk mencegah radikal bebas (penyebab kanker).
  • Membantu mengatasi pertumbuhan tumor
  • Membantu membunuh sel kanker

Disclaimer: Hasil setiap orang berbeda, tergantung faktor kesehatan setiap individu masing-masing

Cara Pemakaian Herbal Ekstrak Daun Sirsak
Untuk Terapi
3 kali sehari, 3 sampai 5 kapsul (sampai diperoleh kesembuhan), hasil maksimal setelah konsumsi minimal 12 botol lebih.
Untuk pencegahan
2 kali sehari 1-2 kapsul

Peringatan: Tidak dianjurkan untuk Ibu Hamil

Dari Berbagai Sumber