3 Efek Samping Senam Yoga Yang Perlu Anda Waspadai!

Olahraga yang sudah banyak dilakukan sejak bertahun-tahun lamanya ini, kini menjadi semakin populer. Peminat Yoga pun semakin beragam, mulai dari golongan para artis, ibu-ibu rumah tangga, anak muda hingga bapak-bapak. Yoga merupakan olahraga yang menekankan terhadapat meditasi, relaksasi dan juga penguatan otot-otot tubuh dan juga dapat membantu otot tubuh menjadi lebih lentur.

Trend Yoga yang kian ramai akhir-akhir ini ditunjukkan oleh banyaknya artis-artis lokal yang mengunggah aktivitas beryoga dengan beragam gerakan di akun sosial media mereka. Manfaat Yoga yang paling dirasakan selain relaksasi adalah menjaga kesehatan tulang dan mengurangi kekakuan pada tubuh. Sayangnya beberapa gerakan Yoga juga dapat memberikan dampak buruk pada tubuh seperti :

  1. Nyeri Sendi

Beberapa orang yang kerap melakukan Yoga di Inggris, mengeluhkan terjadinya nyeri sendi setelah mereka beryoga. Menurut dokter kejadian tersebut sangatlah wajar akibat gerakan Yoga yang banyak menggunakan gerakan tubuh seperti otot dan tulang. Sebagai langkah pengobatan untuk nyeri sendi biasa, sebaiknya cukup dengan menggunakan obat anti nyeri, atau krim pereda nyeri yang dapat dioleskan di bagian luar tubuh.

  1. Kelainan Bipolar

Tidak hanya memberikan efek samping secara fisik seperti nyeri sendi, beryoga ternyata juga bisa membuat mental menjadi terganggu. salah seorang dari Inggris mengaku mengalami gangguan mental seperti gangguan bipolar setelah melakukan yoga. Sesaat setelah beryoga, ia merasakan relaks pada tubuhnya. Namun kemudian ia merasakan depresi pada pikirannya yang membuat ia sulit beristirahat dan tidur.

  1. Memicu Kambuhnya Asma

Dalam beberapa gerakan Yoga memanglah sangat bagus untuk melatih pernapasan tubuh, terutama bagi para pengidap asma. Akan tetapi perlu diperhatikan ketika sedang beryoga, agar mendapatkan gerakan yang tepat. Karena saat salah melakukan gerakan Yoga, beberapa jenis asma dapat terstimulasi oleh kegiatan tersebut.

Simak Juga  3 Efek Samping Daun Salam yang Harus Anda Waspadai!

Dari sekian banyaknya manfaat yang diperoleh dari kegiatan beryoga, ternyata tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat yang sama. Bahkan orang-orang dengan riwayat penyakit tertentu seperti asma, gangguan mental dan juga hiperkatif harus lebih berhati-hati ketika akan beryoga. Untuk bisa merasakan manfaat yoga dengan baik, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dan menggunakan instruktur yang tepat. Semoga bermanfaat, Salam Bahagia untuk Anda dan Keluarga