3 Efek Samping Rokok Elektrik yang Paling Berbahaya!

Akhir-akhir ini kehadiran rokok elektrik seperti menjadi trend dikalangan anak-anak muda, terutama bagi anak laki-laki. Beberapa pendapat menyatakan bahwa rokok elektrik jauh lebih baik bagi kesehatan saat dihisap dari pada rokok batangan pada umumnya.

Selain lebih aman bagi kesehatan, merokok dengan rokok elektrik terlihat lebih kekinian dan trendy. Sayangnya keamanan rokok elektrik bagi tubuh manusia masih menjadi pro dan kontra dari berbagai kalangan. Berikut ini adalah beberapa efek samping berbahaya dari menghisap rokok elektrik :

Kerusakan Paru-paru Permanen

Kandungan zat nikotin di dalam cairan rokok elektrik sangatlah berbahaya bagi organ-organ dalam tubuh. Nikotin yang terkandung dalam rokok elektrik dapat merusak fungsi kerja organ paru-paru. Menghisap rokok elektrik secara berlebihan setiap hari, maka resiko terkena penyakit paru-paru menjadi lebih besar dan lebih cepat terjadi dibanding rokok kretek biasa.

Asma

Rokok elektrik mengandung senyawa yang disebut propilen glikol. Dimana senyawa tersebut sangatlah tidak aman bagi tubuh jika dihisap secara berlebihan. Bagi penderita asma, senyawa tersebut dapat memicu penyakit menjadi lebih buruk di dalam tubuh. Sehingga bagi penderita asma, sebaiknya menghindari untuk menggunakan rokok elektrik secara berlebihan.

Menyebabkan Penyakit Kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang baru-baru ini, kandungan uap dari rokok elektrik bersifat karsinogenik yang jauh lebih berbahaya dari rokok biasa. Zat tersebut apabila sering dihirup dan masuk kedalam tubuh akan dapat mengakibatkan penyakit kanker paru-paru.

Kandungan karsinogenik dalam rokok elektrik bahkan 10 kali lipat lebih banyak dari pada rokok biasa. Seringkali liquid yang digunakan pada rokok elektrik menggunakan rasa-rasa yang berbeda seperti buah-buahan, atau beberapa makanan seperti coklat. Dimana dalam setiap rasa tersebut mengandung bahan kimia sebagai perasa buatan yang disebut dengan perisa.

Simak Juga  Efek Samping Ruqyah Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui!

Baca juga: “Hirvero Mampu Menetralkan Nikotin Rokok dan Alkohol”

Perisa yang digunakan adalah perisa diasetil. Diasetil diketahui dapat menjadi pemicu dari penyakit paru-paru obstruktif kronis. Dari sekian banyak efek samping yang ditimbulkan oleh rokok elektrik, sampai sejauh ini para ilmuwan masih memperdebatkan apakah rokok elektrik lebih baik dari pada rokok konvensional.

Namun mengingat banyaknya bahaya yang ditimbulkan dari merokok elektrik, sebaiknya para pecinta vapor atau rokok elektrik dapat mengurangi penggunaannya setiap hari. Semoga bermanfaat

Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!