3 Efek Samping Minum Jus Wortel Setiap Hari!

Salah satu jenis umbi-umbian dengan warna orange ini sangatlah mudah ditemukan di sekitar kita. Tidak hanya sebagai salah satu bahan makanan saja, namun umbi orange memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Itulah sebabnya, banyak orang yang menyukai umbi tersebut sebagai salah satu menu makanan sehari-hari. Sayangnya, tidak semua kandungan di dalam wortel baik bagi tubuh. beberapa kandungan wortel dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti berikut ini:

Penyebab Carotenemia

Carotenemia adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh banyaknya kandungan betakaroten yang masuk kedalam tubuh sehingga membuat beberapa bagian tubuh mengalami perubahan warna. Wortel mengandung betakaroten yang tinggi sehingga membuat tanaman tersebut berwarna orange secara alami. Saat seseorang mengkonsumsi wortel berlebihan, dapat membuat beberapa bagian tubuh menjadi orange. Biasanya paling mudah terlihat pada bagian hidung dan telapak tangan. Bahkan feses yang dikeluarkan pun bisa berwarna orange pula.

Wortel Berbahaya bagi Perokok Berat

Kandungan wortel yang begitu banyak, memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya bagi sebagian perokok berat, baik perokok kretek maupun perokok elektrik, wortel bukanlah sayuran yang dianjurkan untuk dimakan. Hal tersebut karena wortel dapat memicu berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh para perokok berat. Oleh karenanya, wortel sangat tidak dianjurkan untuk setiap perokok.

Diare

Dalam buah wortel terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Saat seseorang menyantap wortel dengan jumlah yang berlebih dalam sehari, maka bukan tidak mungkin orang tersebut dapat mengalami diare atau buang air berlebihan. Kandungan serat pada wortel dapat melancarkan pencernaan, namun saat dikonsumsi berlebihan membuat pencernaan lancar selancar-lancarnya.

Perubahan warna kulit yang terjadi akibat konsumsi wortel berlebihan, membuat beberapa dokter salah diagnosa. Dokter menduga bahwa anak-anak yang mengalami perubahan warna orange di beberapa bagian tubuh kerap dikira menderita penyakit kulit. Meski wortel membuat warna tubuh menjadi orange, namun kondisi tersebut dapat menghilang seiring dengan pengurangan jumlah konsumsi wortel secara berangsur-angsur.

Kandungan wortel yang begitu bermanfaat bagi tubuh, hendaknya dapat terus dikonsumsi dengan baik. Namun demikian, konsumsi wortel seharusnya tidak berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan memberikan hasil baik. Semoga bermanfaat

Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!