3 Efek Samping Daun Salam yang Harus Anda Waspadai!

Daun salam telah dikenal masyarakat secara luas sejak dahulu kala. Fungsi daun salam paling banyak dirasakan sebagai penguat cita rasa masakan. Baik dalam kondisi masih segar ataupun sudah kering, daun salam tetap bisa dipakai untuk penyedap makanan alami. Selain itu daun salam juga banyak digunakan untuk pengobatan herbal dan perawatan kecantikan. Dalam kadar tertentu, daun salam dapat memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, saat penggunaan daun salam dilakukan secara berlebihan akan memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh, berikut diantaranya :

Sulit Buang Air Besar

Sebagai salah satu tumbuhan herbal, daun salam mengandung beberapa senyawa yang cukup sulit untuk dicerna di dalam tubuh. Kandungan senyawa tersebut membuat proses pencernaan menjadi terganggu dan mengakibatkan sulit buang air besar. Pada kadar normal, yaitu penggunaan daun salam untuk masakan tidak membuat sulit buang air besar. Akan tetapi penggunaan daun salam secara berlebihan untuk pengobatan, akan menimbulkan gejala efek samping seperti sulit buang air besar.

Gangguan Pernapasan

Daun salam juga memiliki senyawa yang tidak baik untuk pernapasan. Oleh karenanya, penggunaan daun salam sebagai obat herbal bagi penderita asma sangat tidak dianjurkan. Apabila harus mengkonsumsinya sebagai obat, penderita asma sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Namun demikian, daun salam masih tergolong aman untuk di konsumsi saat dicampurkan kedalam bumbu masakan.

Gangguan Kehamilan

Kebanyakan dari dokter menganjurkan untuk menghindari konsumsi daun salam secara berlebihan saat sedang hamil atau bagi ibu menyusui. Hal tersebut dikarenakan terdapat senyawa daun salam yang memberikan efek alergi. Meski belum terbukti secara ilmiah, daun salam bisa membahayakan janin dan juga menurunkan produksi ASI (Air Susu IBU) pada ibu menyusui. Oleh karenanya, bagi para ibu hamil dan menyusui ada baiknya untuk menghindari pengobatan dengan daun salam.

Selain beberapa efek samping diatas, daun salam juga menimbulkan efek samping lainnya seperti ketagihan. Walaupun ada efek samping yang di timbulkan dari konsumsi daun salam, tetapi daun salam juga telah menjadi tradisi yang turun temurun untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit, seperti mengobati asam urat, menurunkan kadar kolesterol jahat, menstabilkan gula darah pada penderita kencing manis (Diabetes Mellitus) dan lain lain. Penggunaan daun salam sebagai bumbu makanan masih dalam batas aman. Sehingga tidak perlu khawatir saat mencampurkan daun salam ke dalam masakan, asalkan tidak berlebihan. Semoga Bermanfaat!