2 Tips Diet Sehat Ala Rasulullah! Muslim Harus Baca!

2 tips rahasia diet sehat ala Rasulullah itu ada pada pola makan dan dua jenis makanan yang Beliau gemari. Kedua jenis makanan itu adalah kurma dan mentimun, sebagaimana sebuah Hadits: “Saya melihat Nabi Muhammad mengkonsumsi mentimun dan kurma segar”. (HR Muslim dan Tirmidzi).

Kurma merupakan jenis buah yang manis dan sifatnya panas, sehingga ketika di makan memberikan rasa dahaga pada tenggorokan. Oleh karena itu Rasulullah menetralisir buah kurma itu dengan mengkonsumsi buah mentimun. Sebagaimana kita ketahui bersama, mentimun merupakan buah yang memiliki kandungan air yang banyak sehingga ketika di konsumsi mampu menghilangkan rasa dahaga.

Rahasia Buah Kurma

Buah kurma sudah tidak asing lagi bagi kita, rasanya yang manis dan dekat dengan kata “arab”. Para jamaah haji yang kembali ke tanah air, biasanya tak lupa membeli oleh oleh utama berupa kurma.

Buah kurma selain rasanya manis, ternyata memiliki manfaat yang luarbiasa untuk kesehatan kita. Diantara manfaat buah kurma adalah mencegah penyakit yang berkaitan dengan perncernaan, diare, penangkal racun, jantung, kanker, anemia dan lain-lain.

Buah kurma kaya akan vitamin, mineral dan minyak. Selain itu buah kurma juga mengandung kalsium, sulfur, zat besi, pottasium, fosfor, mangan dan magnesium. Kandungan ini sangat bagus untuk tubuh kita.

Buah kurma juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, sebab di dalam buah kurma sangat kaya akan kalium yang berfungsi untuk mengendalikan denyut jantung dan mengontrol tekanan darah tinggi. Begitu pula kandungan pottasium dalam buah kurma berkhasiat untuk mengurangi terjadinya serangan stroke dan gangguan lain yang terkait dengan organ jantung. Dengan konsumsi buah kurma secara teratur juga akan dapat mengurangi kolesterol jahat pada tubuh.

Rahasia Buah Mentimun

Tentang rahasia buah mentimun, sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an. Allah Ta’ala berfirman, “Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, Kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk Kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi Kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya”. Musa berkata: “maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta”. Lalu ditimpakanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas.” (QS. AL Baqarah 2:6).

Buah mentimun memiliki bentuk lonjong dan besar serta memiliki tekstur renyah berair sehingga nikmat sekali saat kita santap. Selain itu, khasiat buah mentimun sangat luarbiasa untuk kesehatan tubuh kita.

Buah mentimun merupakan buah yang berkhasiat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Kandungan air yang melimpah di dalam buahnya mampu menghilangkan racun dalam tubuh melalui pembuangan urin dan keringat.

Selain itu, buah mentimum juga bermanfaat untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan kita. Mentimun juga kaya akan kandungan pottasium, magnesium dan fiber (serat) yang dapat mengontrol tekanan darah pada titik normal. Sehingga timun sangat dianjurkan bagi mereka yang terkenan tekanan darah tinggi.

Mentimun juga berfungsi membasmi kolesterol jahat pada tubuh. Kandungan senyawa sterol pada buah mentimun berfungsi mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan darah. Dengan konsumsi buah mentimun secara teratur dapat menjaga tubuh kita dari kadar kolesterol jahat.

Luarbisanya, buah mentimun juga mengandung lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol. Ketiganya merupakan jenis lignin yang terikat dan bagus untuk mengurangi resiko perkembangan sel kanker dalam tubuh. Kandungan lignin pada buah mentimun dapat menjadi terapi kanker payudara, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat.

Demikian, 2 Rahasia Sehat Rasulullah yang Harus Anda Ketahui! Muslim Wajib Baca. Semoga bermanfaat. Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga! Tetap Semangat..

One thought on “2 Tips Diet Sehat Ala Rasulullah! Muslim Harus Baca!

  1. Makharya Cargo says:

    terimakasih untuk informasinya….
    semoga sukses selalu…

Comments are closed.