12 Cara Alami Mengatasi Keputihan Yang Gatal!

Masalah keputihan hampir menghinggapi semua wanita, terutama ketika menjelang masa datang bulan. Keputihan jadi sangat mengganggu apabila didiamkan berlarut dan disertai rasa gatal, sehingga harus segera dilakukan cara mengatasinya dengan tepat. Berikut beberapa cara mengatasi keputihan yang disertai rasa gatal.

Jaga Kebersihan Pakaian

Menjaga kebersihan pakaian baik bagian luar ataupun dalam akan turut serta dalam menjaga kebersihan tubuh secara umum termasuk area kewanitaan. Hindari memakai celana yang terlalu ketat yang bisa membuat area Miss V menjadi lembab dan gatal.

Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Kewanitaan

Penggunaan cairan pembersih vagina dalam intensitas yang terlalu sering akan mempengaruhi keseimbangan PH alami vagina, sehingga akan berpotensi memicu keputihan. Hindarilah penggunaan cairan pembersih vagina yang berlebihan.

Mengkonsumsi Pisang

Mengkonsumsi pisang setiap hari ternyata bisa membantu menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh sehingga gejala keputihan yang dipicu oleh faktor hormonal bisa dicegah, konsumsi pisang setiap hari.

Minum Jahe Hangat

Meminum jahe hangat diyakini mampu mencegah radikal bebas dan efektif melawan infeksi bakteri dan virus, sehingga penggunaannya bisa membantu menyembuhkan keputihan dengan cara alami. Konsumsi jahe hangat setiap hari, maka gejala keputihan dengan gatal akan cepat berkurang.

Minum Yogurt

Mengkonsumsi yogurt sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena merupakan sumber probiotik alami yang sangat tinggi. Yogurt mengandung bakteri baik, yang mampu melawan pertumbuhan bakteri jahat, termasuk bakteri yang berkembang di dalam vagina yang mampu memicu terjadinya keputihan. Konsumsilah yogurt setiap hari untuk mencegah keputihan dan juga menyehatkan pencernaan anda.

Tidak Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Mengkonsumsi makanan berminyak akan memicu terjadinya keputihan bahkan membuatnya menjadi gatal. Makanan berminyak memicu kadar hormon dalam tubuh untuk berubah dan menjadi tidak seimbang sehingga metabolisme tubuh pun akan terhambat.

Hindari Kafein

Minuman kopi dan green coffe mengandung kafein yang cukup tinggi dimana kafein ini bisa menyebabkan perubahan hormon estrogen. Perubahan hormon estrogen akan mempengaruhi kondisi keseimbangan PH alami dalam vagina sehingga juga bisa mempengaruhi terjadinya keputihan. Kurangi mengkonsumsi kafein supaya terhindar dari masalah keputihan.

Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih akan membantu melancarkan metabolisme tubuh kita sehingga pada wanita juga akan membantu keseimbangan PH dalam organ reproduksi. Minum air putih juga akan membantu tubuh untuk mengatasi bakteri atau virus yang menyerang tubuh terutama alat reproduksi wanita.

Hindari Stres

Stres adalah salah satu faktor utama terjadinya keputihan pada wanita karena mengganggu keseimbangan PH alami dalam vagina. Stres dapat berasal dari tekanan pekerjaan serta kesibukan yang berlebihan untuk itu hindari stres, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Rebusan Daun Sirih

Resep rebusan daun sirih sudah dikenal sejak lama mampu membantu untuk membersihkan area genital wanita, dan efektif untuk membunuh bakteri serta virus yang menyebabkan keputihan gatal.

Makan Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti kubis bayam dan lain-lain baik untuk mengurangi gejala keputihan karena memiliki senyawa zat klorofil alami, zat besi, vitamin dan mineral yang lengkap.

Penggunaan Obat Antibiotik

Gunakanlah obat antibiotik apabila terjadi keputihan gatal yang susah disembuhkan dengan cara alami. Konsultasikan kepada dokter dan tenaga ahli untuk penggunaannya jangan lupa, gunakan dengan bijak dan sesuai aturan.Hal-hal diatas adalah beberapa cara dalam mengatasi keputihan pada wanita, terlihat bahwa mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Untuk menghindari terjadinya keputihan hendaknya kita cerdas dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat sehingga kita bisa terhindar dari resiko terjadinya keputihan.

Segera konsultasikan ke dokter apabila anda mengalami gejala keputihan gatal yang susah disembuhkan, dan ingat menghindari stres, rajin berolahraga dan beristirahat dengan cukup akan sangat membantu kesehatan kita terutama dari potensi terjadinya keputihan. Semoga Bermanfaat!

Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!