1001 Manfaat Teratai untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

Tanaman Teratai, Bunga Indah 1001 Khasiat untuk Kesehatan Tanaman Teratai memiliki nama latin Nelumbium Nuciferum Gaertn, tanaman ini sudah dikenal sejak 4000 tahun yang lalu oleh bangsa Cina, Mesir dan India. Orang Cina menyebut tanaman ini dengan sebutan Lien, sedangkan orang Philipina menyebutnya Baino. Lain pula orang Belanda, mereka menyebutnya Lotus. Sedangkan orang Inggris menyebutnya Sacred Lotus, Indian Lotus dan Pink Lotus. Di Indonesia sendiri, tanaman teratai dikenal dengan nama berbeda, diataranya Padma, Seroja, Terate, dan Tarate.

Tanaman teratai berbunga tanpa mengenal musim. Selain dibudidayakan di kolam, teratai kadang ditemukan tumbuh liar di rawa-rawa. Di Taiwan dan Cina, teratai sengaja di tanam di rawa-rawa yang luas, kemudian umbi rimpangnya di panen sebagai bahan makanan. Rimpang yang sebenarnya merupakan akar teratai memiliki tekstur dan bentuk yang tak jauh berbeda dengan ubi jalar. Hanya saja, bila rimpang dibelah melintang akan nampak rongga di dalamnya.

Teratai tumbuh menjalar, daun dan bunga keluar langsung dari rimpangnya yang terikat pada lumpur di dasar kolam. Helaian daunnya yang lebar dan bulat disangga oleh tangkai yang panjang dan bulat. Jika diraba, permukaan daun akan terasa seperti dilapisi oleh lilin. Karena lebar, daun teratai seringkali dipakai sebagai pembungkus makanan.

Saat sedang mekar, bunga teratai menyebarkan bau harum. Setelah layu dan kelopak bunganya berguguran, putik bunga akan membesar membentuk bakal buah. Bentuknya seperti mikrofon dengan lubang-lubang berisi 15-30 buah biji berwarna hijau kekuningan yang bentuknya mirip kacang tanah.

1001 Manfaat Teratai

Seluruh bagian tanaman teratai dapat dipakai baik untuk keperluan sehari-hari maupun untuk keperluan pengobatan. Mulai dari rimpang, daun, tangkai, bunga, biji, hingga benang sari memiliki kegunaan dan khasiat masing-masing. Pemakaiannya bisa dalam keadaan segar maupun dikeringkan.

Bunga teratai mengandung bahan kimia seperti quercetin, luteolin, isoquercitrin dan kaemppferol, baik untuk radang kulit bernananah, trauma akibat benturan dan pendarahan.

Sedangkan biji teratai yang kaya akan pati dan mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium dan besi baik sekali untuk memelihara kondisi jantung, ginjal, lesu, keputihan dan gangguan penyerapan makanan.

Oxuushinsunine yang terdapat pada kulit biji teratai berkhasiat menekan perkembangan kanker di hidung dan tenggorokan, disamping itu juga bermanfaat untuk obat anti hipertensi.

Pada akar teratai tedapat zat tanic dan asparagine. Para Herbalis menggunakannya untuk menghentikan pendarahan, membuyarkan darah beku dan sebagai penenang.

Batangnya berkhasiat untuk menurunkan panas dan memperlancar kencing. Sedangkan daunnya yang lebar bermanfaat untuk mengobati sakit kepala dan mimisan.

Rimpang teratai yang kaya akan pati, protein, asparagine, serta vitamin , selain dikonsumsi sebagai bahan makanan, jika dimakan mentah berkhasiat menurunkan panas. Bila dimasak berkhasiat menguatkan limpa, menambah selera makan, penambah darah, dan menyembuhkan diare. Dan khasiat yang luat biasa dari teratai adalah tunas bijinya, yakni bermanfaat untuk Mengatasi Ejakulasi Dini.

Demikian, 1001 Manfaat Teratai untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!, semoga bermanfaat. Salam Sehat dan Bahagia Selalu untuk Anda dan Keluarga!

Referensi : fit