1001 Manfaat Ludah Basi Untuk Kesehatan!Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Ludah basi atau dalam bahasa Jawa disebut idu basin adalah ludah saat bangun tidur di pagi hari, belum minum, belum makan, belum berkumur, belum sikat gigi, belum ber-siwak dan belum melakukan aktifitas apapun berkaitan dengan penggunaan mulut. Sedangkan untuk ludah saat bangun tidur selain waktu pagi hari, tidak termasuk kategori ludah basi. Misalnya, ludah saat bangun tidur di  siang hari atau sore hari. Nah, ludah basi inilah yang mempunyai manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang bersarang di tubuh.

Berbicara tentang manfaat ludah basi, pada awalnya, memang menggunakan pendekatan mitos atau kepercayaan yang turun temurun dari para leluhur. Namun seiring dengan perkembangan ilmu teknologi, apa yang awalnya dianggap mitos dapat tafsirkan oleh ilmu kesehatan saat ini.

Ludah manusia diproduksi oleh tiga pasang kelenjar ludah yang berada di pipi (kelenjar parotis), dibawah dagu (submandibular) dan dibawah lidah (sublingual). Ludah dikeluarkan oleh kelenjar-kelenjar ludah secara refleks, artinya diluar kendali kesadaran kita yaitu dengan melibatkan syaraf-syaraf simpatis maupun parasimpatis. Berbagai macam rangsangan yang kita rasa atau kita saksikan dapat menghasilkan berbagai macam bentuk ludah yang berbeda, encer ataukah kental.

Kita dapat merasakan bahwa ludah akan keluar bilamana kita melihat atau membau makanan yang kita senangi. Ini karena ikut terbawanya sikap kejiwaan kita. Sebaliknya juga, jika kita melihat sesuatu yang tidak kita senangi (misalnya melihat darah, melihat luka besar bernanah atau teringat pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan), maka akan merangsang keluarnya ludah. Begitu pula, jika di dalam mulut kita terdapat benda asing atau bahan kimia tertentu di dalam mulut, maka akan mendorong keluarnya air ludah. Dan semua proses yang terkait dengan ludah ini lewat jalur syaraf dengan melibatkan berbagai enzim-enzim tertentu.

Menurut sebuah jurnal yang Kami baca di internet, ludah manusia mengandung zat dominan yang disebut histatin. Histatin adalah zat protein yang dihasilkan oleh ludah dan dipercaya mempunyai manfaat untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Manfaat histatin ini dibuktikan dengan fakta, bahwa luka yang terdapat di area mulut akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan luka di bagian tubuh lainnya.

Dari sedikit penjelasan tentang ludah dan kandungan zat dominan diatas, masih ada satu misteri dan pertanyaan yang menjadi bidang garap dunia kesehatan, yaitu antara ludah biasa dan ludah basin. Mengingat dalam tulisan ini lebih menitikberatkan tentang manfaat dan efek ludah basi, dan bukan ludah biasa.

Inilah beberapa manfaat dan efek ludah basi untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh kita.

Menyembuhkan Timbilen atau Bintitan

Timbilen (Bintitan) atau dalam bahasa medisnya disebut hordeolum (Stye), yaitu infeksi yang terdapat pada tepi kelopak mata bagian atas maupun bawah yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Lepas dari kacamata medis, dulu saat kita masih kecil, kemudian saat bangun tidur, dibagian tepi kelopak mata bagian atas atau bawah muncul benjolan kecil. Oleh orangtua kita, kemudian disarankan untuk mengolesi-nya dengan idu basin, dan faktanya beberapa hari dan tanpa menunggu waktu yang lama, timbilen tersebut sembuh dan menghilang.

Caranya, saat Anda bangun tidur di pagi hari, sebelum Anda minum atau makan sesuatu dan belum berkumur apalagi sikat gigi, lalu julurkan lidah Anda, kemudian tempelkan jari telunjuk Anda pada lidah, kemudian oleskan pada timbilen yang Anda derita, ulangi hingga dua sampai tiga kali. Jika pada hari berikutnya belum sembuh, maka lakukan lagi cara yang sama, hingga kesembuhan Anda peroleh.

Toh atau Tanda Lahir

Toh atau tanda lahir pada bayi yang baru lahir, juga dipercaya dapat disembuhkan dengan mengoleskan idu basin. Pertanyaannya idu basin si bayi atau idu basin siapa?. Pengalaman yang sering dijumpai di masyarakat, untuk tanda lahir pada bayi, maka idu basin yang manjur untuk menghilangkan tanda lahir tersebut adalah idu basin si Ibu. Caranya sama dengan cara mengobati timbilen, tetapi terapi idu basin untuk toh sebaiknya dilakukan lebih halus, pelan dan merata saat mengoleskan idu basin.

Udunen atau Bisulen

Bisulen atau udunen biasanya terdapat pada pinggang atau bokong sebelah kanan maupun sebelah kiri. Pengalaman tentang munculnya udunen terjadi saat bangun tidur. Mitos orang Jawa, udunen disebabkan karena kita habis duduk diatas bantal, makanya ketika ada anak kecil yang suka duduk diatas bantal selalu dibilang,” Le, ojo lungguh ndok nduwur bantal, mengko udunen kowe (Nak, jangan duduk diatas bantal, nanti kamu bisulen).”. Lepas dari kepercayaan itu, udunen atau bisul menurut medis disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Terapi udunen dengan menggunakan idu basin, caranya sama dengan pengobatan timbilen.

Klanjeren

Mungkin! dalam bahasa medis, istilah klanjeren disebut dengan limfoma maligna dan sebagian lagi menyamakan dengan bisul. Tetapi dalam kamus orang Jawa, klanjeren terletak di selangkangan paha sebelah kanan maupun kiri. Proses munculnya klanjeren hampir mirip dengan timbilen dan udunen. Biasanya saat kita bangun pagi, tiba tiba di selangkangan kita bagian kanan atau kiri terasa sakit dan saat kita raba telah terdapat benjolan kecil berwarma merah. Nah, buat Anda yang terkena klanjeren bisa mencoba dengan menggunakan terapi idu basin ini. Cara pengobatannya sama dengan cara pengolesan timbilen dan udunen.

Sakit Mata

Lagi-lagi ini juga pengalaman pribadi kami saat kecil. Saat Kami kecil, kami terserang penyakit mata (mata merah dan saat bangun pagi mata tidak bisa dibuka-karena lengket oleh “setep-Jawa”, kerak mata yang sangat tebal). Maaf, karena Kami waktu kecil jauh dari puskesmas dan juga belum berpikir tentang membeli obat sakit mata yang dijual di toko atau apotek. Kami mencoba memanfaatkan idu basin ini. Saat bangun pagi dan mata tidak bisa dibuka karena terkunci oleh setep tadi, maka kami oleskan idu basin ini beberapa kali olesan. Saya ingat betul, waktu itu! Kami melakukannya pengobatan ini selama tiga hari saat bangun tidur. Dan Alhamdulillah, penyakit mata itu sembuh.

Balita Sering Menangis Malam Hari

Lagi-lagi ini juga sebuah kepercayaan (jika tidak percaya juga gak bakal manjur).  Jika Anda mempunyai anak bayi atau balita yang sering menangis atau rewel di malam hari, Anda juga bisa menggunakan terapi idu basin ini. Caranya, saat diantaranya ayah atau ibunya bangun tidur karena mendengar balita menangis, maka oleskanlah idu basin di bagian keningnya. Oleskan satu hingga dua oles. Insha Allah, balita Anda akan berhenti menangisnya dan tidur kembali dengan pulas.

Ada kawan yang kami kasih terapi ini tertawa, dan ia bilang “ah…kalau itu mah, si bayi gara-gara mencium bau busuk ludahnya..wakakakaka”. Lepas dari pendekatan medis dan gurauan kawan tadi, terapi ini banyak dipraktekkan oleh masyarakat ndeso.

Menyembuhkan Ejakulasi Dini

Di blog sebelah, ada yang menjelaskan bahwa idu basin dapat membantu menyembuhkan pria dewasa yang mengalami gangguan ejakulasi dini dan membuat pria tahan lama saat bercinta. Caranya, idu basin dioleskan dibagian Mr.P, sebelum berhubungan intim. Jujur, soal manfaat ini @admin belum membuktikan, Kami hanya lirik blog sebelah. Tapi, jika Anda penasaran dan ingin membuktikan, silahkan dicoba sendiri. Toh, tidak ada efek samping negatif bagi kesehatan Anda, mengingat! idu basin itu punya Anda sendiri dan terapi alami, yang dioles alias untuk luar tubuh. Selamat mencoba!