10 Tips Sederhana Mengatasi Suami Yang Tidak Romantis

Suami romantis adalah dambaan setiap istri. Karena romantisme adalah salah satu kebutuhan emosional istri. Namun seringkali suami merasa berat dan malas bersikap romantis kepada istri. Dalam benak kebanyakan suami, romantisme itu suatu yang mengada-ada, atau sikap kekanakan. Hidup yang sedemikian berat dan susah, mengapa masih dituntut untuk berlaku romantis? Bukankah romantis itu mahal karena harus membeli bunga setiap harinya? “Bisa makan sehari-hari saja sudah bagus, kok masih dituntut untuk menjadi romantis,”ujar seorang suami.

Permintaan istri agar suami menjadi romantis ternyata menjadi  semacam ketakutan sendiri. Suami mengira untuk romantis itu harus menjadi pujangga, harus merangkai puisi cinta, harus memberikan hadiah bunga. Mereka merasa tidak bisa juga tidak mau, untuk memaksa diri melakukannya. Di sisi lain, sang istri menuntut agar suami benar-benar berperilaku “romance”, sehingga alih-alih suami menjadi romantis, justeru menuai pertengkaran.

Romantis Itu Sangat Sederhana!

Romantis itu tidak harus dengan bunga dan puisi cinta. Hal-hal sederhana berikut merupakan sebuah tindakan yang juga disebut romantis. Lakukanlah aktivitas ini bersama pasangan Anda (suami istri) dan nikmati bersama. Dampaknya, Anda bersama pasangan Anda akan meraih romantisme yang nyata.

1. Menunaikan Ibadah Berdua

Menunaikan ibadah berdua menjadi bagian dari penguat cinta suami dan istri, sekaligus meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan. Dengan demikian berbagai manfaat didapatkan sekaligus, baik secara spiritual, mental maupun penguatan suasana emosional dan sentimental diantara pasangan suami istri.

2. Bercengkerama, Mengobrol Santai dan Tertawa Berdua

Tidak harus jalan-jalan ke Singapura, Hongkong, Jepang, Amerika atau Eropa. Romantisme bisa dibangun di dalam rumah dan gratis. Menyempatkan waktu untuk bercengkerama berdua adalah tindakan romantisme yang sangat mudah dilakukan. Apalagi dengan berbekal kemajuan teknologi komunikasi dengan aneka fiturnya, berbagai cerita dan kejadian lucu bisa di share kepada pasangan dengan mudah.

3. Olahraga Berdua

Selain romantis, olahraga tentu sangat menyehatkan. Suami istri hendaknya menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga berdua. Mungkin lari pagi, atau sekedar jalan-jalan santai, atau mengikuti program di fitnes centre. Sangat banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama dengan pasangan di luar rumah.

4. Berkebun atau Bertaman Berdua

Jika di rumah memiliki space halaman untuk membuat taman atau kebun mini, akan sangat romantis bila dikerjakan berdua. Bahkan seandainya tidak memiliki ruang dihalaman, bisa mewujudkan kebun atau taman dengan menggunakan berbagai peralatan sederhana yang ada di rumah.

5. Memasak Di Dapur dan Membereskan Pekerjaan Rumah Berdua

Di saat senggang, jika suami dan istri bekerja di dapur untuk memasak, atau membersihkan rumah atau menata ulang rumah. Suasana kebersamaan saat memasak di dapur atau membersihkan rumah, menjadi salah satu bentuk romantisme tersendiri. Pada hari libur, mereka merancang dan menata ulang kondisi rumah, dengan mengatur tata letak perabotan agar memiliki suasana yang baru walaupun  dengan barang-barang yang sudah ada sebelumnya.

6. Bepergian Berdua

Diantara aktivitas romantis yang bermanfaat adalah bepergian berdua ke suatu tempat, atau hanya sekedar berkeliling desa atau kota berdua, misalnya mengunjungi orangtua atau mertua di kampung halaman. Bepergian juga bisa dilakukan tanpa harus menuju tempat tertentu, misalnya pergi berdua berboncengan naik sepeda motor keliling kota atau keliling desa. Bisa juga mengunjungi lokasi yang romantis, yang mengingatkan masa-masa indah saat pengantin baru.

7. Mandi Berdua

Romantisme dengan mandi berdua; bagi Muslim, telah dicontohkan oleh Rasul. Rasul mencontohkan bentuk romantisme yang sederhana dengan mandi berdua. Beliu menyatakan kecintaan kepada Aisyah RA, dengan mandi berdua dalam satu bejana, “Adalah Rasulullah Shalallahu’alaihiwasallam apabila mandi, beliau memulai dengan tangan kanan, lalu dituangi air, lalu dicucinya…Dan aku pernah mandi bersama Rasulullah dalam satu bejana, padahal Kami sedang junub,”Ungkap Aisyah RA.

8. Memeluk, Membelai, Mencium, Atau Menggenggam Tangan Pasangan

Diantara bentuk kemesraan pasangan suami istri adalah belaian pada rambut istri, genggaman tangan yang lembut, pelukan, ciuman yang mesra di pipi dan kening, yang bisa dilakukan saat suami hendak berangkat kerja, dan sepulang dari kerja. Aktivitas fisik  seperti ini akan memberikan efek kedekatan emosional yang sangat kuat, dan memberikan perasaan nyaman pada kedua belah pihak.

9. Berdiskusi Tentang Masa Depan Keluarga

Suami dan istri hendaknya menyempatkan pula untuk berdiskusi tentang masa depan keluarga. Suasana diskusi atau mengobrol dibuat sesantai dan seringan mungkin, agar tidak memberatkan kedua belah pihak. Sambil melakukan rekreasi, mereka mengobrol ringan soal masa depan anak, soal ekonomi keluarga, soal rencana-rencana dan target dalam kehidupan keluarga.

10.Sarapan dan Makan Malam Berdua

Sesekali waktu, suami dan istri menyempatkan untuk sarapan atau makan malam berdua saja keluar rumah. Tidak perlu ke restoran yang mewah atau mahal, cukup ke warung tenda di pinggir  jalan yang murah meriah dan suasananya santai. Bahkan suami dan istri saling menyuapi, adalah contoh romantisme yang mudah dilakukan. Nabi menyatakan, “Dan sesungguhnya jika engkau memberikan nafkah, maka hal itu adalah sedekah, hingga suapan nasi yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh: Ust. Cahyadi Takariawan, Penulis Buku Serial “Wonderful Family”, Peraih Penghargaan “Kompasiana Favorit 2014”, Via Alfalah

Salam www.JamuKu.com Toko Jamu Herbal Terpercaya