10 Makanan Pembersih Usus yang Murah dan Mudah

10 Makanan Pembersih Usus yang Murah dan Mudah Usus merupakan organ dalam tubuh yang harus dibersihkan agar kita terhindar dari berbagai penyakit pencernaan. Membersihkan usus dapat dilakukan dengan mengonsumsi aneka makanan tertentu. Makanan pembersih usus ini ternyata tidak mahal harganya dan bisa didapatkan dengan mudah di sekitar kita. Kita bisa mengonsumsinya sehari-hari agar usus makin sehat dan tidak ada penyakit pencernaan yang terjadi.

  1. Kita bisa mengonsumsi brokoli. Sayuran hijau ini merupakan sumber serat dan dapat mendetoksifikasi usus besar. Dalam brokoli juga terdapat antioksidan dalam jumlah yang tinggi, sehingga selain dapat membersihkan usus, brokoli juga bisa meningkatkan kesehatan.
  2. Kkonsumsilah lemon yang dicampur dengan air hangat. Lemon bisa merangsang hati agar memproduksi empedu dan membuat sistem pencernaan lebih baik lagi. Produksi empedu juga membuat perut dapat bekerja secara lebih baik. Minumlah segelas lemon serta air hangat pada pagi hari agar tubuh terdetoksifikasi dan usus dapat membersihkan diri.
  3. Makanan pembersih usus berikutnya ialah bawang putih. Bawang putih bisa membantu sirkulias darah dan menghilangkan racun serta parasit yang berasal dari usus besar. Dalam bawang putih juga terdapat antioksidan yang kuat dan mengurangi peradangan. Bawang putih bisa meningkatkan pencernaan dan menghilangkan zat atau bahan sisa serta racun dalam usus.
  4. Air putih juga memiliki khasiat untuk membersihkan usus. Ini karena usus yang kekurangan cairan dapat mengalami sembelit sehingga penumpukan racun akan menjadi besar. Penting untuk memastikan bahwa kita minum cukup tiap harinya, minimal delapan gelas.
  5. Buah yang bisa dikonsumsi agar usus bersih ialah alpukat. Dalam alpukat terkandung serat larut serta serat tidak larut. Serat ini berupa senyawa yang merangsang gerakan usus dan membersihkan usus. Alpukat juga mengurangi resiko kanker.
  6. Sayuran berdaun hijau merupakan makanan selanjutnya yang mampu membersihkan usus. Konsumsi kangkung dan bayam agar dapat melindungi usus. Sayuran hijau akan menangkap bakteri serta menghilangkannya dari dalam usus besar. Kacang polong serta seledri juga termasuk sayuran berdaun hijau yang bisa mendetoksifikasi hati.
  7. Makanan hasil fermentasi seperti yoghurt dapat pula membersihkan usus. Makanan fermentasi ini mampu menjaga sistem pencernaan agar senantiasa sehat serta seimbang.
  8. Konsumsi juga lidah buaya karena ternyata mampu menjadi suplemen alami guna meredakan peradangan di dalam tubuh serta mencegah berbagai masalah pencernaan. Lidah buaya dapat meringankan sembelit dan membuat sistem pencernaan menjadi lega.
  9. Kacang-kacangan juga memiliki kemampuan dalam membersihkan usus, kaya akan antioksidan dan nutrisi. Dalam kacang-kacangan terdapat juga zat besi, kalium, kalsium, protein hingga vitamin dan seng. Kacang merupakan protein nabati yang masih bersih dan bebas dari steroid.
  10. Makanan pembersih usus yang terakhir adalah buah apel. Buah ini kaya akan serat dan mampu membuat dinding usus menjadi tebal. Pektin yang ada dalam kulit buah apel juga bisa menghilangkan racun dalam usus yang telah menggumpal. Buah lain dengan kandungan pektin di dalamnya adalah jeruk serta pisang.

Tidak sulit untuk menemukan berbagai makanan di atas. Kita justru bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional ataupun supermarket. Dengan rutin mengonsumsi aneka makanan pembersih usus, kita dapat menikmati hidup yang lebih sehat karena tidak mudah terkena penyakit pencernaan. Kesehatan adalah hal yang mudah diperoleh apabila kita mau berusaha untuk mewujudkannya. Demikian informasi ini semoga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Demikian 10 Makanan Pembersih Usus yang Murah dan Mudah. Semoga bermanfaat, Salam Sehat dan Bahagia