Waspadalah! 3 Efek Samping Makan Belimbing Wuluh Paling Fatal!

Belimbing wuluh merupakan jenis tanaman yang buahnya terasa sangat asam dan sering digunakan sebagai bahan campuran masakan. Dibalik rasanya yang asam ternyata belimbing wuluh memiliki kandungan yang sangat bagus bagi tubuh sehingga bisa mengatasi beberapa jenis penyakit seperti batuk, gusi berdarah, kelumpuhan, radang rektum, dan lain sebagainya. Tetapi sebaiknya Anda waspada karena efek samping belimbing wuluh juga cukup berbahaya bagi tubuh.

Efek Samping Belimbing Wuluh

Berbeda dengan jenis buah belimbing lainnya yang cenderung manis dan segar, belimbing wuluh justru memiliki rasa asam yang sangat menyengat. Tak heran jika belimbing wuluh sering dipilih sebagai bumbu masakan karena bisa menimbulkan sensasi asam yang menggugah selera makan.

Belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan nutrisi tersebut antara lain vitamin B1, vitamin C, vitamin A, potasium, zat besi, serta, fosfor, kalsium, mineral dan lain sebagainya. Dengan kandungan inilah belimbing wuluh sangat bagus untuk siapa saja. Tetapi perlu diperhatikan bahwa efek samping belimbing wuluh bisa mengintai Anda yang disarankan untuk tidak mengkonsumsi belimbing wuluh.

Efek samping belimbing wuluh kebanyakan diperuntukkan bagi para penderita penyakit maag atau asam lambung. Hal ini disebabkan karena rasa belimbing wuluh yang sangat asam bisa memicu timbulnya kenaikan asam lambung sehingga membuat seseorang merasa kurang nyaman. Oleh karena itu agar terhindar dari efek samping belimbing wuluh, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai boleh atau tidaknya mengkonsumsi belimbing wuluh.

Bagi penderita maag atau asam lambung juga harus waspada karena konsumsi belimbing wuluh bisa mengakibatkan luka pada bagian lambung akibat rasa asam yang terdapat dalam belimbing wuluh. Sama halnya dengan jeruk nipis, efek samping belimbing wuluh bisa menimbulkan korosi pada lambung sehingga dapat menimbulkan luka di dinding lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah rendah sebaiknya perlu waspada karena mengkonsumsi belimbing wuluh dalam jumlah yang banyak bisa mengakibatkan penurunan tekanan darah akibatnya bisa terjadi anemia. Bagi penderita tekanan darah rendah disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi belimbing wuluh agar terhindar dari efek samping belimbing wuluh yaitu anemia.

Meskipun belimbing wuluh juga ampuh mengatasi jerawat di wajah, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis kulit Anda. Jika Anda salah mengaplikasikan belimbing wuluh pada wajah yang berjerawat bisa menimbulkan efek samping belimbing wuluh yaitu iritasi. Iritasi yang muncul di wajah justru bisa memperparah jerawat atau bahkan membuat kulit terasa seperti terbakar dan perih.

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi belimbing wuluh untuk bahan campuran masakan sebaiknya tetap waspada karena konsumsi belimbing wuluh yang berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan. Efek samping belimbing wuluh akan lebih mengancam bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit lambung karena bisa memicu masalah pada lambung Anda. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan keluarga.

Langganan Artikel

Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan artikel gratis dan menarik dari situs kesayangan Anda ini. Salam sukses dan bahagia untuk Anda dan Keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *