6 Cara Gampang dan Menyenangkan Cegah Obesitas!99% Turunkan Berat Badan

Obesitas saat ini bukan lagi lambang kemakmuran atau kemapanan finansial seseorang. Obesitas saat ini menjadi bagian diagnosis gizi atau diagnosis medis sebagai permasalahan kesehatan kronis yang harus diselesaikan agar tidak mengakibatkan munculnya penyakit penyerta.

Penyakit penyerta akibat obesitas yang dikenal dengan gejala metabolik syndrom, yaitu peningkatan glukosa darah, gangguan tekanan darah, peningkatan plasma lipid seperti hiperkolesterol, hipertrigliserida dan penurunan HDL plasma.

Apabila mendengar kata diet, orang seringkali langsung merasa tersiksa, tidak nyaman dan banyak larangan yang harus diikuti. Hal ini tidak 100% benar. Diet pada dasarnya adalah pengaturan asupan makan agar sesuai dengan kebutuhan.

Pada orang dengan obesitas, asupan makanan sebaiknya lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan harian.

“Langkah utama adalah mengetahui berapa kebutuhan energi harian Anda”

Kebutuhan energi ini bisa dihitung dengan tepat oleh ahli gizi, dan ahli gizi bisa ditemui di rumah sakit dan beberapa praktek mandiri.

Selanjutnya,

“Pilihlah makanan-makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan energi Anda agar kontrol asupan tetap terjaga”

Upaya lain yang tak kalah pentingnya adalah;

“Olahraga untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari sehingga terjadi pembakaran cadangan lemak di dalam tubuh”

Seseorang yang telah menjalani diet, hendaknya memadukan pengurangan makanan sehari-hari dengan ketepatan pemilihan bahan makanan yang seimbang.

Tidak perlu seseorang itu menghindari makanan secara ekstrim dengan tujuan diet penurunan berat badan. Kenaikan berat badan tidak instan maka penurunan berat badan pun juga tidak instan.

Penurunan 1 kg berat badan membutuhkan pembakaran cadangan energi dalam tubuh sebesar 7000 Kcal. Bila dalam sehari pengurangan asupan energi Anda 250 Kcal dan pembakaran cadangan energi dengan olahraga sebesar 250 Kcal/hari, maka dalam 1 hari terjadi defisit energi pada tubuh Anda sebesar 500 Kcal.

Defisit energi 500 Kcal hari secara konsisten akan mengakibatkan penurunan berat badan sebesar 1 kg dalam 14 hari.

Sebagai informasi kebutuhan energi untuk orang dewasa sehat dengan tinggi badan rata-rata orang Indonesia berkisar antara 1500-2500 Kcal/hari, sedangkan kebutuhan energi berkisar 1000-1500 Kcal.

6 Tips Mudah Menurunan Berat Badan

Berikut adalah tips penurunan berat badan dengan mengkombinasikan diet dan aktivitas yang dijalankan secara nyaman dan menyenangkan.

  1. Mulailah dengan pengurangan porsi makanan harian, terapkan anjuran ahli gizi Anda. Ubahlah pola konsumsi sesuai saran menu gizi seimbang.
  2. Gantikan cemilan/snack yang biasa Anda konsumsi dengan air putih dan buah dalam upaya menurunkan asupan energi.
  3. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng, hilangkan pemakaian minyak, oleskan margarin dan dressing salad berbasis minyak.
  4. Pilihlah jenis olahraga yang paling memudahkan dan bisa Anda kerjakan tanpa harus stress memikirkan tempat dan waktu. Misalnya mulailah berjalan di sekitar rumah Anda, cari contoh-contoh gerakan senam yang bisa Anda download dengan gratis dan mudah diikuti.
  5. Tekankan konsep gaya hidup sehat dan seimbang. Jangan terlalu tinggi mentargetkan penurunan berat badan. Penurunan berat badan adalah bonus dari upaya kita, pola hidup sehat, badan segar adalah tujuan utama dari perubahan diri. Jangan lupa faktor usia juga menjadi penurunan berat badan tidak selalu mudah didapatkan, namun hidup sehat dan bugar tetap harus dijalankan.
  6. Sekali waktu Anda boleh melakukan cheating day. Anda boleh mengkonsumsi makanan-makanan yang Anda sukai namun Anda yakini kurang sehat dan terlalu banyak kalori misalnya gorengan, cake, full cream ice maksimal 1 kali dalm 1 minggu sebagai bentuk cheating day.

 

Hasil akhir perubahan gaya hidup, pola makan dan meningkatkan aktivitas adalah badan yang sehat dan bugar. Tidak perlu stress dengan target penurunan berat badan yang berlebihan.

Sekali lagi penurunan berat badan akan mengikuti bila Anda konsisten menjalankan pengurangan makan sesuai saran ahli gizi, berolahraga dan memilih makanan sehat bergizi seimbang. Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga. Tetap Semangat

Oleh: Dian Handayani,SKM.M.Kes,PHD via Alfalah

 

Langganan Artikel

Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan artikel gratis dan menarik dari situs kesayangan Anda ini. Salam sukses dan bahagia untuk Anda dan Keluarga.