3 Efek Samping Rumput Laut Paling Dominan Untuk Kesehatan

Rumput laut merupakan hasil kekayaan alam yang sangat banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Rumput laut biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan agar-agar serta sebagai sumber pangan yang bergizi.

Bahkan banyak produk kosmetik yang memanfaatkan rumput laut sebagai bahan yang bagus untuk kecantikan. Tetapi dibalik manfaatnya ternyata terdapat efek samping rumput laut yang belum banyak diketahui.

Jenis rumput laut yang ada di perairan Indonesia cukup beragam tetapi terdapat empat jenis rumput laut yang bisa dikonsumsi. Jenis tersebut antara lain ganggang hijau, ganggang cokelat, ganggang merah, serta ganggang biru-hijau.

Rumput laut juga sangat mudah dibudidayakan, tak heran jika di Indonesia penghasilan rumput lautnya bisa mencukupi kebutuhan serta permintaan berbagai industri.

Bagi Anda penggemar makanan yang berbahan dasar rumput laut bisa berbahagia karena terdapat kandungan rumput laut yang bagus bagi tubuh seperti mineral, vitamin, asam lemak omega 3, serat yang tinggi, antioksidan serta prebiotik.

Meski rumput laut memiliki kandungan yang sangat bagus bagi tubuh, tetapi ternyata rumput laut juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan efek samping rumput laut yang perlu Anda ketahui.

Masalah Tiroid

Rumput laut memiliki kandungan yodium yang sangat tinggi. Kandungan yodium yang tinggi perlu Anda waspadai, karena mengkonsumsi rumput laut secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping pada kelenjar tiroid. Banyaknya asupan yodium yang masuk ke dalam tubuh membuat kelenjar tiroid sulit untuk beradaptasi. Akibatnya tiroid bisa mengalami gangguan yang cukup membahayakan bagi kesehatan seseorang. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi rumput laut secara tidak berlebihan agar terhindar dari masalah tiroid.

Gangguan Pencernaan

Perlu Anda ketahui bahwa rumput laut mengandung karbohidrat yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Karbohidrat yang sulit dicerna nantinya akan diturunkan pada bakteri usus. Jika hal tersebut terus dibiarkan bisa berdampak pada pertumbuhan bakteri di dalam usus yang berlebihan sehingga efek samping rumput laut bisa mengakibatkan seseorang rentan terserang berbagai masalah pencernaan.

Racun Logam Berat

Meskipun memiliki banyak kandungan mineral dan zat-zat lain yang bagus bagi tubuh, Anda sebaiknya juga waspada karena bisa jadi rumput laut juga mengandung logam berat. Efek samping rumput laut bisa menimbulkan racun logam berat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tetapi adanya racun logam berat pada rumput laut biasanya tergantung dari lokasi budidaya rumput laut tersebut apakah dekat dengan lokasi industri atau tidak serta kondisi pencemaran di air laut.

Setelah mengetahui efek samping rumput laut bagi kesehatan sebaiknya kini Anda lebih waspada ketika mengkonsumsi rumput laut. Pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan tetapi masih bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh Anda sehingga manfaat rumput laut bisa Ana peroleh untuk tubuh Anda. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan keluarga. (berbagai sumber)

 

 

Langganan Artikel

Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan artikel gratis dan menarik dari situs kesayangan Anda ini. Salam sukses dan bahagia untuk Anda dan Keluarga.